Analisis Pengembangan Bussines Plan Produk Makanan Stik Daklor (Daun Kelor) Pencegah Radikal Bebas

Authors

  • Salma Putri Tsaniyah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Putri Dwi Agustiningrum Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Syela Lailaturohmah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Diah Susanti Institut Agama Islam Negeri Ponorogo

Keywords:

Stik Daklor, Produk, Makanan, Inovasi Strategi

Abstract

"Stik Daklor" adalah produk inovasi makanan ringan yang memadukan manfaat kesehatan daun kelor dengan cita rasa camilan renyah. Daun kelor, yang dikenal sebagai salah satu tumbuhan paling bergizi di dunia, kaya akan nutrisi seperti vitamin, mineral, protein, serat, dan antioksidan. Stik daun kelor dirancang sebagai alternatif camilan sehat yang dapat meningkatkan asupan antioksidan dan menangkal radikal bebas, sembari menawarkan kenikmatan kuliner. Penelitian ini bertujuan memastikan bahwa business plan yang dikembangkan dapat mendukung keberlanjutan produk, dan dapat memberikan pemahaman menyeluruh terkait pasar, keuangan, serta manfaat kesehatan yang diinginkan oleh konsumen. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian research and depelopment.  Produk ini mendukung pertanian lokal, menggunakan kemasan ramah lingkungan, dan menargetkan berbagai kelompok masyarakat, termasuk anak-anak yang kurang suka makan sayur. Pengembangan produk makananan ini memiliki tujuan bagi pelaku usaha salah satunya yaitu menjadikan masyarakat lebih kreatif dan berinovatif dalam berwirausaha dan melatih kemampuan berwirausaha dengan baik.

Downloads

Published

2024-01-28