Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Melalui E-Commerce
Keywords:
Persepsi Harga, Promosi, Kemudahan Transaksi, Persepsi Resiko, Kualitas websiteAbstract
Persaingan dalam dunia bisnis online melalui e-commerce yang semakin ketat membuat Perusahaan e-commerce perlu meningkatkan strategi penjualan dan pemasaran guna meningkatkan pembelian produk. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi pengaruh persepsi harga, promosi, kemudahan transaksi, presepsi resiko dan kualitas website terhadap keputusan pembelian. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasinya adalah Mahasiswa ITB Yadika Pasuruan., sedangkan sampelnya adalah 240 mahasiswa dengan kriteria tertentu. Data dikumpulkan melalui kuesioner sementara analis data dilakukan dengan menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Persepsi Harga, Promosi, Kemudahan Transaksi, Persepsi Resiko dan Kualitas web secara simultan mempengaruhi keputusan pembelian. dalam analisis parsial, persepsi harga berpengaruh positif tidak signifikan terhadap keputusan pembelian sedangkan promosi, kemudahan transaksi, persepsi resiko dan kualitas web berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian