Analisis Faktor Penyebab Siswa Tidak Menikmati Mata Pelajaran Tertentu Di SMP Negeri 1 Sumber Kabupaten Cirebon
Keywords:
Tidak menikmati Mata pelajaran Tertentu, Bimbingan dan Konseling BelajarAbstract
Tujuan penelitian ini adalah agar memahami kesulitan-kesulitan belajar dalam pelaksanaan bimbingan konseling belajar “Tidak Menikmati Mata Pelajaran Tertentu”. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya penomena umum yang terjadi disekolah bahwa siswa tidak menikmati mata pelajaran tertentu, salah satunya adalah pelajaran yang dirasa sulit bagi siswa. Oleh karena itu dibuatlah penelitian yang menjelaskan “Faktor penyebab siswa tidak menikmati mata pelajaran tertentu beserta dampaknya ketika siswa tidak menikmati mata pelajaran tertentu”. Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan kepustakaan deskriptif dan hasil wawancara dengan salah satu guru bimbingan konseling di SMP Negeri 1 Sumber. Hasil penelitian menunjukan terdapat hubungan negatif dari siswa tidak menikmati mata pelajaran tertentu terhadap hasil evaluasi belajar siswa dalam mata pelajaran tertentu. Rendahnya hasil evaluasi belajar siswa adalah dampak utama dari tidak menikmati mata pelajaran tertentu. Ketika siswa tidak merasa tertarik dan berminat terhadap materi yang diajarkan, maka mereka cenderung memiliki pemahaman yang dangkal dan kurang mampu menerapkan ilmu tersebut.